Home » » Tips Mudah Merawat Komputer & Laptop

Tips Mudah Merawat Komputer & Laptop

Written By Yasir Bakhtiar on Sunday, November 17, 2013 | 1:44 AM


Selamat sore breeh! Ini post pertama di blog baru ini. Dulu saya mempunyai blog juga yang berisi tentang tutorial dan tips trik breeh! namun sayangnya blog tersebut terkena google banned dengan alasan Spam. alhasil saya vakum blogging selama setahun lebih. Memang sempat membuat website, namun sangat sulit untuk sebuah website agar bisa dikenal dan seo di google, sehingga saya mendahulukan membuat blogger baru dan membuatnya menjadi sebuah website nantinya.

Tips Sederhana Untuk Merawat Komputer, Laptop, Mac & PC - Yasirbakhtiar.blogspot.com 

 Oke sekarang kita akan langsung membahas Tips Sederhana Untuk Merawat Komputer, Laptop, Mac & PC nih breeh!



Merawat Komputer PC
Snore1. Caranya mudah, namun memang malas breeh! rasanya kalo kita lakuin.
2. yang pertama kita lakuin itu, Bongkar Komputer PCnya
3. Abis di bongkar coba lihat sekotor apa kondisi didalamnya apakah sampe kaya gini

4. Kalo ternyata sampe kaya gini, terpaksa breeh harus bersihin sape bersih.
5. Caranya pertama itu cabut dulu Listriknya, cabut RAM, VGA Card, dan Kabel2 Power Supply yang terpasang di Hardware.
6. Kalo udah silahkan breeh bersih bersihin Sarang laba laba dan debunya menggunakan Kuas
7. Lalu bersihkan RAM dan VGA dengan Penghapus

Big Smile

8. Setelah semua kinclong maka tutup dan pasang kembali PC breeh. 

Cara lainnya antara lain



1. Cabut Listrik dari komputer jika tidak digunakan
hemat listrik merupakan moto hidup zaman sekarang. Untuk itu setidaknya sebagai pengguna komputer, setiap kita mematikan komputer untuk tidak lupa mencabut listrik. Karen listrik akan tetap mengalir jika dicolok ke komputer dalam keadaan shut down.


3. Hindari komputer dari Air, Binatang, dan Suhu panas
jangan sampai komputer anda terkena air apalagi di bagian Motherboard atau Mainboard, karena dalam sekejap komputer anda bisa mati. kecuali anti air. Binatang biasanya suka iseng masuk kedalam komputer, kalo kucing biasanya kencing didalam atau tidur, kalo semut biasanya bersarang, labalaba pun bersarang, untuk itu anda harus menutup komputer dan menjaga komputer anda dan terlebih lagi agar komputer anda tidak kepanasan. atau menjadi panas karena masalah hardware.

4. Gunakan Stabilizer untuk menghindari kerusakan Hardware

Mati lampu merupakan hal yang paling berbahaya karena disaat komputer kita menyala dan tiba2 komputer anda mati, itu dapat merusak Disk pada HDD anda sedang berputar, dapat merusak segala hardware seperti RAM dan Motherboard. Apalagi kalo tersambar petir itu juga berbahaya. Untuk itu beli Stabilizer agar komputer anda terjaga tegangan dan arus listriknya sehingga saat mati lampu atau saat listrik tidak stabil komputer anda tidak akan terpengaruh.

5. Lakukan Defragment HDD secara berkala
Defragment hdd hal yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja komputer anda. Fungsi ini dapat dilakukan dengan Software Defragment atau langsung dari OS itu sendiri
  
6. Membersihkan Registry Secara berkala
Membersihkan Registry juga merupakan salah satu cara merawat komputer anda terutama OS anda. dengan menggunakan softare pembersih registry seperti CCleaner. Akan meningkatkan kinerja komputer anda.

7. Lakukan scan virus manual berkala
Beberapa anti virus memang sudah melakunkan scan secara otomatis, tetapi dalam merawat komputer yang baik anda harus melakukan scan tersebut scara manual, atau saya sarankan anda membaca artikel tentang Tips agar komputer tidak terkena virus.

Bagaimana? Mudah bukan? Jika bukan kita yang merawat komputer kita sendiri. Siapa lagi?




Merawat Laptop dan Mac
N ah kalo untuk merawat Laptop dan Mac agak sedikit sulit nih breeh, kenapa? karena buat kita yang orang awam bongkar laptop atau mac susah banget.Makanya itu untuk merawat Laptop dan mac ini cuma ada beberapa hal yang bisa lakuin sebagai pengguna bukan sebagai tehnisi 


Hal hal yang harus dilakukan
1. FISIK : Perhatiin Selalu kondisi fisik laptop. Jangan sampai terinjak atau kedudukan. Nanti pecah LCDnya kaya gambar dibawah, saya pernah kok pecahin laptop saya dulu!. Kalo ada debu atau kotoran yang nempel segera di bersihkan




2. SOFTWARE : Biar ga ada masalah jangan sampe nginstall software software ga jelas yang bikin laptop kita jadi berat breeh. Apalagi, software yang berbau bau virus, langsung hapus hapusin aja lewat Control Panel. Jangan lupa pasang Antivirus, saya sih pake AVIRA.


3. POWER : Ini satu cara yang bener2 bikin laptop kita awet. Tipsnya cuma dikit. Kalo Baterainya penuh, Cabut chargernya. Kalo mau mati, Pasang Chargernya (Jangan sampe mati dadakan breeh, itu ngerusak HDD laptop kita). Dan juga Lakukan Pengosongan Baterai Sebulan sekali biar ada baterai recyclenya. itu ngaruh banget.

0 comments:

Post a Comment

Translate